PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI KASUS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS MATARAM)

PUTRI BIMA WATI, LUKMAN EFFENDY

Abstract


This study aims to determine the effect of emotional intelligence, spiritual intelligence, and learning behavior on the understanding of accounting students at Mataram University. The research method used in this research is a survey method with the form of written questions through a questionnaire as many as 249 students as samples in this study. Data analysis using Partial Least Square (PLS) technique through SmartPLS 3.0 software application. The results showed that emotional intelligence has no effect on accounting understanding because the ability to understand accounting while studying does not always depend on self-control, social skills, but spiritual intelligence has a significant effect on accounting understanding, and learning behavior has an effect on accounting understanding

Keywords


Emotional Intelligence; Spiritual Intelligence; Learning Behavior; Accounting Comprehension.

Full Text:

PDF

References


Azzahra, M. P., & Nurjanah, Y. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosonal, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 6(2), 91. https://doi.org/10.36339/jaspt.v6i2.692

Eliza, N., Amalia, D., Manajemen Bisnis, J., & Negeri Batam, P. (2022). THE EFFECT OF EMOTIONAL INTELLIGENCE, SPIRITUAL INTELLIGENCE AND LEARNING BEHAVIOR ON THE LEVEL OF ACCOUNTING UNDERSTANDING. In JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING (Vol. 6, Issue 1).

Fitra Apriandi, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Jambi. Universitas Of Jambi Journal, 1(1).

Hafsah, H., Hanum, Z., Saragih, F., & Ningsih, R. W. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UMSU. Owner, 7(1), 312–321. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1260

Langgeng Ratnasari, S., Novita Sari, W., Siregar, Y., Nora Susanti, E., & Sutjahjo Universitas Riau Kepulauan, G. (2022). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa di Kota Batam. Proceeding Of National Conference On Accounting & Finance, 4(1), 440–448. https://doi.org/10.20885/ncaf.vol4.art55

Takdir Jumaidi, L., & Waskito, I. (2022). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Emosional, Intelektual, dan Sosial terhadap Sikap Etis Mahasiswa se-Pulau Lombok. Valid Jurnal Ilmiah, 20(1), 105–115. https://doi.org/10.53512/valid.v20i1.253

Mustiadi, W. A., Effendy, L., & Kartikasari, N. (n.d.). DETERMINAN MINAT MAHASISWA AKUNTANSI BERWIRAUSAHA (STUDI PADA MAHASISWA D3 AKUNTANSI FEB UNRAM).

Nugroho, P. I., & Cahyaningtyas, M. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, KecerdasanSpiritual, Kecerdasan Sosial dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 81–90. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU

Oemar, F., & Okto Fani, F. D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Kompetif, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v1i1.251

Pasek, N. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Denga Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1).

Rimbano, D. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 318–337. https://doi.org/10.32795/hak.v2i3.1818

Rokhana, L. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38.

Rosari, R., Minggu, A. M., & Hambandima, E. S. N. (2023). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sikap Mahasiswa terhadap Profesi Akuntansi: Pendekatan Studi Kasus. Owner, 7(3), 2316–2329. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1446

Safitri, D., Zakaria, Z., & Kahfi, A. (2023). Pendidikan Kecerdasan Spiritual Perspektif Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Jurnal Tarbawi, 6(1), 78–98.

Sari, D. F. (2022). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Stie Yadika Bangil. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(1 Juni 2022), 145–154.

Sudarmadji, L. C. (2012). Jurnal ilmiah mahasiswa akuntansi. Peranan Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Kinerja Unit Bisnis Dalam Berbagai Tingkatan Kompetisi Pasar Linda, 1(4), 49–55.

Utami, ning D., & Handayani, S. (2019). PENGARUH BESARAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, FREE CASH FLOW, PROFITABILITAS DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANJEMEN LABA RIIL. 8, 1–15.

Utami Dian Pertiwi, U. Y. R. F. (2019). UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 02(01), 120–124.

Wahyu, A. M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Padang). Jurnal Akuntansi, 3(1), 1–18.

Wi, P., Salikim, & Susanti, M. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Buddhi Dharma Tangerang). 4(41), 201–214.

Widayati, N. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. PELITA: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 192(2).

Widayati, N., & Ristiyana, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 19(2), 194–209. https://doi.org/10.33592/pelita.vol19.iss2.121

Widyawati, P. G., Immanuela, I., & Handayani, D. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Budaya terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta Kota Madiun). Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 02(01), 25–34.

Zakiah, F. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Kecerdasan Spiritual Pemahaman Akuntansi (Sardi Empiris Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2OA9 di Jember). In UNJEM Press (Vol. 123, Issue 10).




DOI: https://doi.org/10.35327/gara.v18i2.847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 GANEC SWARA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.