EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, K.,dkk. (2021). Metologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Akbar Fauzan dan Bahri Arsad. (2018). Efektivitas Model PjBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik dengan Gaya Belajar Berbeda. Jurnal Biology Teaching and Learning, Volume 1, Nomor 1, Juni 2018 , ISSN 2621-5527, hlm. 71-80
Alfazani, M.R & A. Khoirunisa, D. (2021). Faktor Pengembangan Potensi Diri: Minat/Kegemaran, Lingkungan Dan Self Disclosure (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. E-ISSN: 2716-375X, P-ISSN: 2716-3768. Volume 2, Issue 2, Juli 2021. 586-597. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2
Aminullah, A. (2018). Implementasi Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Diri Siswa. Jurnal Ganec Swara, Vol. 12, No. 1, Maret 2018, ISSN 1978-0125 (Print); ISSN 2615-8116 (Online),58-66. DOI: https://doi.org/10.35327/gara.v12i1.15
Aminullah. (2017). Kajian Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 14 Oktober 2017. ISSN 2598-1978. 43-51. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/ProsPen/article/view/193
Grant, M. M. (2002). Getting A Grip on Project Based-Learning: Theory, Cases and Recomandations. Meredian A middle School Computer Technologies Journal. 5.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hung, H., & Huang, I. (2012). A Project based digital storytelling approach for improving students’ learning motivation, problem solving competence and learning achievement. Educational technology & society, 15, 4, 368-379.
Irfana Saidatul, Attalina Syailin Nichla Choirin dan Widiyono Aan. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education (JPEE) p-ISSN : 2828-5751 DOI Issue : https://doi.org/10.46306/jpee.v1i1 e-ISSN : 2828-5743. Vol. 1, No. 01, Februari, 2022 hal. 1-120
Komariah, A dan Triatna, C. (2005). Visionary Leader Ship Menuju Sekolah Efektif. Bandung: Bumi Aksara
Marmawi. (2009). Persamaan Gender dalam Pengembangan Diri. Jurnal Visi Pendidikan, e-ISSN 2579-552X,
p-ISSN 2085-9848. Vol 1, No 2 (2009) 173-179. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v1i2.73
Panasanand, M. & Nuangchalerm, P. (2010). Learning Outcomes of Project-Based and Inquiry-Based Learning Activities. Journal of Social Science. 6 (2), 252-255
Patton, A (2012). Work That Matters: The Teacher’s Guide To Project Based Learning. London: the Paul Hamlyn Foundation.
Siagian, Sondang P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Simangunsong, H,H, Hrp I,A,A, dkk. (2022). Penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 SMA N 2 Percut Sei Tuan pada Materi Gen. Jurnal PTK dan Pendidikan, p-ISSN: 2549-2535, e-ISSN: 2460-1780, DOI: 10.18592/ptk.v8i2.6806, Vol. 8, No. 2, Juli – Desember 2022 (107-115)
Solihun, S, & Aminullah, A. (2023). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Jurnal Ganec Swara, Vol. 17, No. 3, September 2023, ISSN 1978-0125 (Print); ISSN 2615-8116 (Online),1265-1270. DOI: https://doi.org/10.35327/gara.v17i3.575
Sugiyono. 2018. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung :Alfabeta
Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trimuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid19. 68-73.
Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra AjinParama
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Konseptual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Vallet R.E. (2001). Aku mengembangkan diriku; Pedoman untuk mencapai kebahagiaan dan membangun rasa tanggungjawab terhadap diri sendiri. Jakarta: Cipta Loka Caraka
Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.35327/gara.v18i4.1230
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 GANEC SWARA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.