PENGARUH PENENTUAN TARIF TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PDAM TIRTA ARDHIA RINJANI

SITI ZARA OZWINA, ELIN ERLINA SASANTI, INDRI PUSPITASARI

Abstract


This research aims to examine the effect of determining PDAM water tariffs on financial performance and customer satisfaction at PDAM Tirta Ardhia Rinjani, Central Lombok Regency. The theory used in the research is stakeholder theory which describes the relationships between individuals or groups who are affected by company activities or can influence the activities of a company. This research has a sample of 100 respondents who are active customers of PDAM Tirta Ardhia Rinjani Kab. Central Lombok. The data analysis uses descriptive statistical tests, classical assumption tests, t tests, F tests and coefficients of determination as well as the help of SPSS 25 analysis tools. The results of research using simple linear regression analysis show that the tariff determination variable (X) does not have a positive effect on financial performance (Y1) and customer satisfaction (Y2) at PDAM Tirta Ardhia Rinjani Kab. Central Lombok.

Keywords


tariff determination, financial performarnce, customer satisfaction

Full Text:

PDF

References


Amrillah, Tahta Khilmi, Se Misrin Hariyadi, and Didin Fatihudin. (2014). “Analisis Rasio Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya (studi kasus tahun 2007-20011).”

Anandasari, Yana. (2014). Analisis Dampak Penentuan Tarif Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) (studi Pada PDAM Kabupaten Tulungagung dan PDAM Kabupaten Malang).

Jumingan. (2012). “Pengertian Kinerja Keuangan” 239.

ANTIKA RINDI, RADA. 2022. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dhaha Kota Kediri.”

Budiyanto, Mawan, and Prihatiningrum RR Yulianti. (2021). “The Effect Of Rates And Service Quality Towards The Customer Satisfaction Of Pt Pelabuhan Indonesia III (persero) Banjarmasin Branch.” Journal of Social Science 2(5).

Cahyani, Febby Gita, and Sonang Sitohang. (2006). “Pengaruh Kualitas Produk Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (jirm) 5(3).

Desinta, Ni Nyoman Putri, and Ni Ketut Seminari. (2014). “Pengaruh Service Quality, Price Dan Service Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada New Melati Salon Denpasar-Bali.”

Fidela, Vania. (2016). The Influence Of Services Quality And Percieved Of Price To Customer Satisfaction In Kimteng Pekanbaru Restaurant.

Gofur, Abdul. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.” jurnal riset manajemen dan bisnis (jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat 4(1).”

Halim, Vinda. (2004). “Analisis Hubungan Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada PDAM Kota Purworejo Tahun 2003.”

Hartini, Nining. (2014). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa.”

Hernako, Shabo. (2012). “Analisis Kinerja Keuangan Pada PDAM Di Kabupaten Purworejo.” Jurnal Bina Praja 4(3).

Hutabarat. (2020). “Tujuan Penilaian Kinerja Keuangan.”

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2014). “Standar Akuntansi Keuangan.”

Johansyah, Fikhy Rahdian, and Ikhsan Budi Rirahjo. 2017. “Pengukuran Kerja Dalam Perspektif Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada PDAM Surabaya).” Jurnal Ilmu Dan Riset akuntansi (jira) 6(1).

Kasmir. 2019. “Analisis Laporan Keuangan”Vol. 14.

Khuluk, Ahmad Jamilul. (2017). “Pengaruh Penyertaan Modal, Efisiensi, Tarif, SDM, dan Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Provinsi Aceh.”

Kurniawati, Ely. (2021). “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.” 10(3).

Kotler. (2007). “Pengertian Kepuasan Pelanggan.”

Kotler, and Amstrong. (2009). “Penjelasan Tentang Definisi Harga/Tarif.”

Laksono, Satria Tri. (2018). “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Studi Kasus Daerah Cibinong”

Mahmudah, Henny. (2016). “Analisis Penyesuaian Tarif Dasar Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Lamongan” Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen 1(02).

Maramis, Freekley Steyfii, Jantje L. Sepang, and Agus S. Soegoto. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado” jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi 6(3).

Marliana, Fia Apariani. (2014). Analisis Pengaruh Harga (Tarif) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Jasa Transportasi Bus Transjakarta (studi kasus pada halte bus transjakarta koridor 1 tujuan blok m-kota) Perbanas Jakarta Program Studi Manajemen 2014.

Nurul, Aeni. (2013). “Analisis Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Perwitasari Kabupaten Purwerejo.”

Puspayana, Maharani. (2015). “Pengaruh Pendaoatan Melalui Pengendalian Kehilangan Air Terhadap Kinerja Keuangan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.”

Putu Artama Wiguna, I., and dan Ali Masduqi. 2018. Analisis Penentuan Tarif Air Minum PDAM Kabupaten Lamongan Berdasarkan Prinsip Full Cost Recovery. Vol.33.

Riswandi. (2020). “Analisis Kinerja Keuangan Kantor PDAM di Kabupaten Kolaka Utara.”

Samsinar. (2021). “Analisis Dampak Penentuan Tarif Air Terhadap Kepuasan Pelanggan Daerah Air Minum Kota Palopo.”

Suardi, and Yuliana. (2019). “Kualitas Pelayanan dan Kebijakan Tarif Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Tirtanadi Cabang Tuasan Medan.” jurnal bisnis corporate 4(2).

Sugianto, Afradianus, Abidin Zainal, and M. Ihsan Malik. (2021). “Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Makassar.” Macakka Journal 2(1).

Supriyanti, Endah. (2009). “Analisis Kinerja Pdam Perwitasari Kabupaten Purworejo Periode Tahun 2004-2007.”

Syarif, Ade Maulana. (2016). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Toi.”

Tangdialla, Randi, Luther P. Tangdialla, Dwi Natalia, and Ade Lisa Matasik. (2020). “Analisis Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Makassar.” 3(3).

Tjiptono. (2006). “Pengertian Tarif.”

Tjiptono. (2012). “Pengertian Kepuasan Konsumen.”

Tjiptono. (2018). “Faktor-Fakto Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan.”

Tjiptono, Fandy. (2015). “Indeks Kepuasan Kualitas Konsumen.”

Tverdokhlebova, Maria, and Aleksandr G. Rozhkov. (2019). “Customer Satisfaction Factors On The Moscow Taxi Market.”

Usman, Faqih. (2018). “Penentuan Tarif Air Bersih Di Kabupaten Sorong.” Usman Faqih.

Wahyuni, Sri. (2018). “Analisis Rasio Solvabilitas Dan Rasio Profitabilitas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Makassar.”

Yuliarmi, Ni Nyoman, and Putu Riyasa. (2015). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pdam Kota Denpasar.” Buletin Studi Ekonomi 12(1).

Yushar, and Sofyan Syahnur. (2017). Analisis Ekonomi Fungsi Biaya Produksi, Penetapan Tarif Dan Alokasi Air Minum Yang Efisien : Studi Kasus Di Pdam Tirta Daroy. Vol. 2. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Jim).




DOI: https://doi.org/10.35327/gara.v17i4.655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 GANEC SWARA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS

 

 

 

 

 

 

 


_______________________________

Ganec Swara

Published by UNMAS Denpasar K. Mataram |
Email: ganecswara@gmail com; aminullahmtk@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    
Stat Pengunjung GARA